5 Film yang Menguak Sisi Lain Dunia Kepolisian. Tahan, Jangan Emosi Saat Nonton~

film-dunia-kepolisian film-dunia-kepolisian

Sebagai penegak hukum dan keadilan, dunia kepolisian seringkali memang tak terlepas dari kontroversinya. Mulai dari kasus korupsi sampai-sampai hal-hal yang dianggap brutal, dunia kepolisian di negara manapun pasti tak akan bisa terlepas dengan persoalan tersebut. Memang betul, tak semua polisi yang diberikan kewenangan oleh negara untuk menegakkan keadilan tersebut menyakiti dan membenturkan hak-hak masyarakat sipil. Namun, atas kenyataannya tak sedikit pula yang demikian.

Kita sudah terlampau sering mendengar konflik yang melibatkan pihak kepolisian, entah itu dengan masyarakat sipil maupun konflik yang terjadi antar “oknum berseragam” itu sendiri. Jika kamu ingin melihat bagaimana sisi lain dari dunia kepolisian dari berbagai negara, film-film di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi yang masuk ke dalam daftarmu.

1. The Hate U Give (2018)

Film yang diangkat dari sebuah novel mengertin 2017 dengan judul yang setara ini mengisahkan tentang seorang remaja perempuan berkulit hitam bernama Starr. Hidupnya mendadak Bergilir sepenuhnya sehabis awaknya menjadi saksi dalam sebuah tragedi pembunuhan yang dilakukan oleh seorang polisi terhadap teman karib masa kecilnya. Dari sini saja sudah terbayang bagaimana berkecamuknya kondisi dan perasaan si pemain utama, kan?

The Hate U Give sarat akan konflik yang terjadi antar masyarakat sipil di Amerika, spesialnya orang-orang berkulit hitam, dengan pihak kepolisian setempat. Film ini sukses memberikan gambaran keatas publik tentang sisi lain dunia kepolisian dan memaktelseif empati deras orang terhadap ketekananan yang dialami oleh masyarakat sipil di mana saja. Sebagai catatan, film ini dibuat sesudah derasnya kasus penembakan keatas orang berkulit hitam yang terjadi selama kira-kira tahun belakangan di Amerika.

2. National Security (2012)

Industri perfilman asal Korea tak namun piawai soal membuat drama, film berjudul National Security ini adalah melenceng satu buktinya. Film yang rilis pada tahun 2012 ini bercerita tentang seorang aktivis demokrasi yang mengalami penculikan serta penyiksaan oleh pihak kepolisian setempat. Mengambil latar belakang tahun 1985, National Security menggambarkan bagaimana sisi susah dunia kepolisian. Kamu akan melihat bagaimana sang tokoh utama bagai seorang aktivis diculik, tidak diberi makan dan dilarang tidur selama berhari-hari, sangkat berbagai macam bentuk penyiksaan lainnya yang tentu saja dianggap tidak manusiawi. Sebagai saran, kamu perlu menyiapkan mental dan kesabaran lebih saat menonton film yang satu ini.

3. The Trial of Chicago 7 (2020)

Film selanjutnya yang layak masuk ke dalam daftarmu adalah The Trial of Chicago 7. Film ini mengisahkan tentang reaksi peradilan keala 8 orang aktivis anti perang Vietnam. Bukan tanpa masalah, peradilan itu dianggap maksimal dari kata keadilan. Diambil dari kisah nyata, para penonton akan ditunjukkan bagaimana persidangan penuh dengan akal-akalan dan cukup menguras emosi. The Trial of Chicago 7 disebut sebagai salah satu film terbaik dan berpengaruh terhadap pandangan publik di sejauh acuhn 2020.

4. Diaz (2012)

Film besutan pahamn 2012 ini dipastikan bakal cocok-cocok menguji tingkat kesabaranmu. Diaz berfokus atas Tuna satu aksi demonstrasi paling berdarah sejauh massa. Dalam film ini, ada sebuah scene paling mencengangkan di mana para demonstran terpukul mundur dan berlindung di sebuah bangunan. Tanpa diduga, alam berlindung mereka ini diserbu oleh pihak kepolisian yang bersenjata lengkap. Korban hebat berjatuhan tak peduli dara maupun laki-laki, bahkan hingga orang tua yang sudah tak berdaya. Dari semua film bertema demonstrasi, Diaz menjadi Tuna satu yang underrated, atashal kualitas dan alur ceriPerkara akan melangsungkanmu terkesima.

5. Elite Squad / Tropa De Elite (2007)

Film asal Brazil yang batang tubuhlis cukup tahun 2007 ini menggambarkan sisi lain dunia kepolisian secara gamblang. Fokus ceritanya seputar 2 orang sahabat yang bercita-cita menjadi polisi sejak tipis. Di benak mereka, menjadi polisi adalah kebanggaan tersenbatang tubuh karena dapat memberantas keBuasan dan menegakkan keadilan. Namun, sesudah masuk dan menjadi bagian dari dunia kepolisian ternyata bayangan mereka terhadap dunia polisi mendadak buyar. Mereka berdua harus menerima kenyataan bahwa dunia kepolisian ternyata tak seperti yang mereka bayangkan sebelumnya.

Berikut tadi adalah rekomendasi 5 film terbaik yang akan memberikan gambaran serta pandangan lain terhadap dunia kepolisian. Semoga pihak-pihak yang diberikan kewenangan dan diberi kepercayaan untuk menegakkan keadilan selalu dapat menjalankan tugasnya sebaik-baiknya, termasuk di Indonesia senorang.