breaking news New

Berani coba? Makanan Meksiko terunik dan terekstrim ini?

Beberapa makanan Meksiko mungkin pernah kita dengar dan bahkan pernah kita makan. Selain makanan-makanan yang bercita rasa lezat, di Meksiko juga memiliki kuliner dari bahan yang tak biasa. Selain unik, makanan-makanan ini termasuk ke golongan ekstrim karena berasa dari bahan yang seperti tidak untuk makanan. Makanan-makanan apa saja yang tergolong unik dan ekstrim itu? Apakah kamu berani mencobanya? Berikut makanan-makanan unik dan ektrim dari Meksiko.

1. Gusanos de Maguey (Ulat Maguey)
Ulat maguey tumbuh diantara daun, batang, dan akar tanaman maguey. Maguey adalah tanaman sejenis kaktus yang memiliki banyak duri. Ulat maguey umumnya berwarna putih. Sedangkan ulat yang berwarna merah disebut metchikuil. Ulat maguey umumnya disajikan bersama tortilla dengan tambahan saos sambal yang pedas. Kedua jenis ulat ini dimakan dengan cara digoreng atau dibakar. Rasanya sangat gurih mirip dengan kentang goreng, namun dengan tekstur yang lebih lembut. Meski demikian ada juga orang yang berani makan ulat maguey ini dalam keadaan hidup loh. Berani coba? Gusanos de Maguey ini termasuk makanan langka. Karena itulah harganya lumayan mahal. Harga satu piring kecil ulat maguey, mencapai sekitar 120 peso atau sekitar 85 ribu Rupiah.

2. Sal de Gusano (Garam Ulat)
Selain digoreng, ulat maguey juga dapat dibikin menjadi garam yang enak dan gurih, namanya garam "chinicuil" atau garam ulat. Garam ulat mageuy ini merupakan resep asli dari zaman pra-Hispanik Oaxacan dan dipersembahkan khusus bagi bangsawan Aztec. Untuk dibuat menjadi garam, ulat maguey ini terlebih dahulu dikeringkan lalu dibakar dan kemudian digiling hingga menjadi serbuk. Setelah itu serbuk ulat maguey dicampurkan dengan garam dan cabai de árbol.

3. Escamoles(Larva & kepompong semut)
Escamoles, yang dikenal dalam bahasa sehari-hari sebagai kaviar Meksiko, adalah larva dan kepompong semut yang dapat dimakan dari spesies Liometopum apiculatum. Jenis makanan ini paling sering ditemukan di wilayah Guanajuato, Hidalgo, Puebla de Zaragoza, Tlaxcala dan sekitarnya. Escamoles telah dikonsumsi di Meksiko sejak zaman Aztec. Rasanya seperti mentega dan pedas, dengan tekstur yang mirip dengan keju cottage. Larva semut ini disajikan dengan berbagai cara, seperti digoreng bersama mentega dan epazote.