Cara Mencegah Bahaya Gula Darah Tidak Normal. Kalian Wajib Tahu!

Ilustrasi bahaya gula darah Ilustrasi bahaya gula darah

Gula darah adalah jumlah glukosa (atau gula) yang terdapat dalam darah dan diukur dalam miligram per desiliter (mg/dL). Normalnya, kadar gula darah dalam tubuh manusia sehat berada dalam rentang 70-100 mg/dL. Oleh karena itu kondisi atau kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup dapat membahayakan. Kondisi kadar gula darah yang terlalu tinggi atau hiperglikemia dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes mellitus (DM) atau penyakit jantung. Sedangkan kadar gula darah yang terlalu rendah disebut hipoglikemia dan dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan kebingungan. Untuk mengontrol kadar gula darah, orang sering mengonsumsi makanan dan minuman yang rendah karbohidrat, melakukan olahraga secara teratur, dan mungkin mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Cara Mencegah Terjadinya Hiperglikemia

Hiperglikemia adalah kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh terlalu tinggi. Ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti makan terlalu banyak makanan yang tinggi karbohidrat, kurang olahraga, atau mengonsumsi obat-obatan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Penyakit seperti diabetes mellitus atau penyakit jantung merupakan contoh dari sekian banyaknya penyakit yang dapat timbul akibat terjadinya Hiperglikemia. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hiperglikemia:

1. Jaga Pola Makan

Pilih makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi serat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein sehat seperti daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan. Hindari makanan yang tinggi gula, seperti makanan manis, minuman bersoda, dan makanan yang diproses.

2. Olahraga Secara Teratur

Dengan melakukan olahraga yang teratur maka dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah. Cobalah untuk berolahraga minimal 30 menit sehari, setidaknya 3 hari dalam seminggu.

3. Hindari Merokok Dan Alkohol

Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya hiperglikemia, sementara alkohol dapat menurunkan kadar gula darah Anda secara tiba-tiba. Jika Anda merokok atau minum alkohol, cobalah untuk mengurangi atau menghindari konsumsi tersebut.

4. Kontrol Stres

Stres dapat meningkatkan kadar gula darah. Belajar cara mengendalikan stres, seperti melakukan meditasi atau latihan relaksasi, dapat membantu menurunkan risiko hiperglikemia.

5. Perhatikan Penggunaan Obat

Beberapa obat-obatan dapat meningkatkan kadar gula darah. Berdiskusilah dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda konsumsi dan apakah ada pilihan obat lain yang lebih aman bagi kadar gula darah Anda.

Cara Mencegah Terjadinya Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan suatu kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh terlalu rendah, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti mengonsumsi terlalu sedikit makanan yang mengandung gula, mengonsumsi terlalu banyak obat yang menurunkan kadar gula darah, atau melakukan olahraga yang terlalu intens. Gejala dan kondisi penderita Hipoglikemia akan terlihat dan merasakan sakit kepala, kondisi fisik maupun pikiran yang mudah lelah, dan kebingungan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hipoglikemia:

  • Perbanyak Konsumsi Makanan Mengandung Gula, Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara teratur, seperti buah-buahan, roti gandum, atau kentang, untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.
  • Selalu Sediakan Makanan Yang Mengandung Gula, Bawa makanan yang mengandung gula, seperti permen gula atau keju, sebagai cadangan jika Anda merasa pusing atau lemas.
  • Informasikan Kepada Orang Terdekat, Beritahu orang terdekat Anda tentang gejala hipoglikemia dan bagaimana cara menanganinya jika terjadi pada Anda.
  • Konsultasikan Kepada Dokter, Dikarenakan terdapat beberapa jenis obat-obatan dapat menurunkan kadar gula darah maka sebaiknya tetap berdiskusi dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda konsumsi dan apakah ada pilihan obat lain yang lebih aman bagi kadar gula darah Anda.
  • Olahraga Sesuai Ketentuan, Olahraga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, tetapi jika Anda melakukan olahraga yang terlalu intens atau terlalu lama, Anda dapat mengalami hipoglikemia. Pastikan untuk membawa makanan yang mengandung gula saat Anda berolahraga dan beristirahat sesekali untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

Ingatlah bahwa menjaga kondisi gula darah tidak hanya penting untuk kesehatan jangka pendek, tetapi juga kesehatan jangka panjang. Jadi, selalu konsultasikan kondisi kesehatan Anda ke dokter atau ahli gizi dan ikuti saran yang diberikan untuk menjaga kadar gula darah Anda dalam batas normal.