breaking news New

Kuliner Khas Batam Dari Bilis Gulung Hingga Sop Ikan Batam

Batam memiliki berbagai macam kuliner lezat yang bisa kamu cicipi. Batam menawarkan banyak tempat wisata yang selalu ramai dengan dengan pengunjung, baik dari dalam kota maupun luar kota. Tidak hanya itu, Batam juga menyajikan kuliner yang sangat lezat mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Kalau kamu baru pertama kali ke Batam, sepertinya kamu perlu mencicipi beberapa kuliner lezat khas Batam yang bisa buat kamu ketagihan.

1. Bilis Gulung

Makanan ini akan terlihat mirip dengan molen, hanya saja isiannya berbeda. Isian molen adalah pisang, sedangkan bilis gulung menggunakan ikan teri sebagai isiannya yang sudah diberi bumbu lalu kemudian digulung menggunakan kulit molen. Bilis Gulung sangat cocok untuk dihidangkan bersama kopi ataupun nasi hangat.

2. Mie Sagu

Makanan ini menggunakan sagu sebagai bahan utamanya, tekstur nya seperti mie hanya saja lebih lembut dan diolah dengan kuah yang cukup pedas dan gurih. Mie Sagu ini memiliki ukuran yang besar dan biasanya dimasak dengan rempah-rempah sehingga menciptakan aroma yang sangat sedap. Mie Sagu sangat nikmat dihidangkan saat cuaca sedang dingin. Kamu dapat menjumpainya di kedai atau street food di seluruh penjuru Batam.

3. Nasi Bakar

Sajian ini adalah nasi bakar yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi Bakar ada yang berisi ikan, ada telur, ada ayam, dan lain lain yang bisa kamu pilih sendiri. Nasi biasanya dibumbui terlebih dahulu dengan rempah rempah yang berlimpah agar saat dibakar menciptakan aroma rempah yang cukup kuat. Kamu bisa menemukannya di kedai, restoran, street food, atau café yang ada di Batam.

4. Sop Ikan Batam

Kuliner khas Batam selanjutnya adalah sop yang diolah dengan menggunakan ikan segar sehingga menciptakan makanan yang sangat lezat. Sop pada umumnya memiliki kuah berwarna kuning, sedangkan Sop Ikan Batam memiliki kuah berwarna bening. Sup ini juga diberikan bahan tamabahan seperti cumi, sayuran, dan udang. Kamu bisa menjumpainya di beberapa café atau restaurant di Batam.


Itulah beberapa makanan khas Batam yang bisa kamu cicipi apabila berkunjung kesana. Apakah kamu tertarik untuk mencicipinya?