Manfaat Mengkonsumsi Buah Parijoto untuk Kesehatan Tubuh

gambar tersebut menyebutkan manfaat buah parijoto gambar tersebut menyebutkan manfaat buah parijoto

Manfaat Mengkonsumsi Buah Parijoto untuk Kesehatan Tubuh

Buah ini hidup ditanah yang subur pada wilayah hujan tropis Jawa Tengah. Menurut jurnal yang sudah diterbitkan dalam AIP Conference Proceedings di tahun 2017, kami mengutipnya langsung melalui hellosehat, dimana mengatakan bahwa masyarakat telah menggunakan tanaman buah Parijoto ini secara turun temurun untuk mengatasi masalah sariawan dan diare. Cara mengkonsumsinya juga mudah, kalian hanya perlu mencucinya dengan bersih dan langsung saja memakannya. Nama ilmiah untuk buah ini adalah Medinilla Speciosa atau dikenal dengan sebutan anggur Asia. Buahnya sendiri mengandung senyawa fitokimia diantaranya ; Flavonoid - Tanin - Saponin - Terpenoid - Beta Karoten - Alkaloid - Antibakteri - Antifungi maupun Antioksidan.

Nah, karena kandungan fitokimia dalam buah Parijoto ini cukuplah beragam, maka potensi untuk mempertahankan kesehatan tubuhnya juga tinggi. Berikut ini langsung saja kami beritahukan mengenai berbagai macam jenis manfaat, yang dimiliki oleh buah tersebut.

#1. Manfaat Buah Parijoto ; Untuk Obat Sariawan

Buah ini sudah sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat, karena bisa diyakini bermanfaat untuk obat sariawan. Parijoto sudah diisi oleh komponen antibakteri yang mampu menekan adanya perkembangbiakan bakteri penyebab dari sariawan. Buah ini sendiri bekerja layaknya antiseptik alami yang bisa membantu dalam membersihkan luka disekitar mulut, akibat daripada sariawan itu sendiri dan mampu mencegahnya agar tidak mudah berkembang menjadi infeksi.

Untuk bisa merasakan manfaatnya, maka kalian mampu menumbuk satu buah Parijoto saja yang sudah dibersihkan dan langsung melarutkannya ke dalam 100 ml air. Setelahnya, berkumur-kumur kurang lebih 2 kali sehari dan simpan saja sisanya untuk nanti digunakan kembali saat berkumur.

#2. Manfaat Buah Parijoto ; Meredakan sakit Diare

Pasti kalian sudah sering mendengar, bahwasannya ketika diare ada baiknya menunda untuk mengkonsumsi sayur ataupun buah-buahan. Hal ini tentu saja tidak sepenuhnya bisa dikatakan benar, bahwasannya kalian masih harus tetap mengkonsumsi buah-buahan dalam hitungan yang wajar. Salah satu buah yang justru mampu mengatasi masalah ini adalah Parijoto.

Buah tersebut dikenal dengan kepemilikan atas komponen antibakteri, yang mana bisa membantu dalam mempercepat proses penyembuhan. Kandungan air yang ada di dalam buahnya, juga bisa mencegah kalian dalam mengalami dehidrasi selama diare sedang berlangsung. Walau begitu, konsumsi buah ini tidak bisa kalian jadikan patokan sebagai pengobatan tunggal ketika diare menyerang ya.

#3. Manfaat Buah Parijoto ; Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria

Jika kalian mencari tahu tentang kegunaan dari buah Parijoto ini, pastinya akan menemukan adanya potensi atas manfaatnya sebagai penambah kesuburan. Mengenai hal tersebut, sebenarnya memang erat kaitannya dengan pemenuhan atas nutrisi selama sedang mempersiapkan kehamilan atau bahkan kehamilan tersebut berlangsung. Mengutip penelitian dengan judul Potential of Parijoto Fruits and Leaves in Male Fertility tahun 2018 melalui website hellosehat, disana tertera bahwa potensi dari buah ini sebagai alternatif untuk bisa mengatasi masalah penurunan kesuburan terhadap hewan uji. Memang hal tersebut belum diketahui secara pasti apakah efektif untuk manusia, namun kalian masih bisa mengkonsumsi buah ini semata-mata karena kebutuhan zat gizi saja. Hal ini lantaran, kesuburan dari pria dan kualitas spermanya akan dipengaruhi oleh kondisi nutisi daripada tubuh si pria.

#4. Manfaat Buah Parijoto ; Menjaga Imunitas Ibu yang sedang Mengandung

Kandungan flavonoid dan juga saponin di dalam buah parijoto memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh ibu yang sedang mengandung. Flavonoid memiliki peranan penting di dalam membangun imunitas tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit. Selain daripada itu, vitamin dan juga beta karoten dalam buahnya bisa membantu kalian untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Beta karoten menurut jurnal Nutrients yang sebelumnya sudah dilansir melalui website hellosehat, mengatakan bahwa zat ini mampu mencegah preeklamsia dan juga kelahiran prematur terhadap ibu yang sedang mengandung. Jangan khawatir, Vitamin A yang didapat dari beta karoten ini tidak akan menimbulkan keracunan terhadap kondisi janin selama dikonsumsinya masih dalam jumlah yang wajar.

#5. Manfaat Buah Parijoto ; Sebagai Tabir Surya atau Alternatif Body Lotion

Sebagian orang meyakini bahwa buah ini memiliki potensi menjanjikan sebagai salah satu bahan untuk produk kecantikan, seperti halnya body lotion dan tabir surya. Hal ini dikarenakan, ekstrak buah parijoto mengandung senyawa flavonoid sebagai sumber antioksidan yang mana manfaatnya bagus bagi kesehatan kulit. Selain dapat digunakan sebagai body lotion, ekstrak buahnya juga mampu dimanfaatkan dalam pembuatan tabir surya atau dikenal dengan sebutan sunscreen. Komponen antioksidan Parijoto ini mampu memperkuat adanya lapisan pelindung kulit dan mampu mencegah efek paparan sinar matahari ke kulit nantinya.

Manfaat lain yang bisa dihasilkan oleh buah ini adalah untuk penurun kadar trigliserida di dalam darah dan mencegah berat badan naik atau bertambah. So, bagi yang belum tahu mengenai buah ini, semoga saja informasi yang kami berikan dapat berguna untuk kalian kedepannya.