Musisi Legendaris Bob Tutupoly Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

bob-tutupoly-meninggal-dunia-di-usia-82-tahun bob-tutupoly-meninggal-dunia-di-usia-82-tahun

Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air. Sang musisi legendaris, Bob Tutupoly meninggal dunia di Selasa (5/7) dini hari tadi. Om Bob, sapaan akrabnya menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Mayadi, Jakarta.

Sebelum meninggal, Bob Tutupoly senggang menjalani perawatan intensif selama beberapa minggu karena penyakit yang dideritanya. Kabar duka ini pun turut disampaikan beberapa rekan sepas musisi santak tersiar ke publik.

Bob Tutupoly meninggal sehabis dirawat intensif di rumah kusam

Kabar meninggalnya Bob Tutupoly telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga. Melansir dari CNN, pihak keluarga melantasi sang ponakan, Erik, memadilkan informasi gelisah yang pagi ini ramai di media sosial.

“Iya tepat (meninggal dunia) tadi dini hari, jam 00.30. di Mayaatas,” menyiah Erik, dinukil dari CNN.

Sementara itu kaum rekan Bob Tutupoly sepas musisi juga menyampaikan kabar kesal ini melantasi media sosial. Seperti Addie MS, Rian D’masiv dan pengamat musik Stanley Tulung yang turun mendoakan sang legenda.

“Terima kasih untuk semua yang sudah Om Bob berikan untuk kita semua. Semoga lapang jalanmu menuju keabadian sejati,” tulis Stanley di unggahan Instagram miliknya.

Dalam unggahan tersebut pula, Stanley menginformasikan bahwa jenazah Bob Tutupoly akan disemayamkan di Rumah Duka RS Siloam, Semanggi, Jakarta, tepatnya di Ruang John. Namun, untuk detail pemakamannya belum diketahui secara pasti.

Melansir dari Kompas, Stanley menjelaskan kondisi sang sahabat sebelum meninggal dunia. Kondisi Bob Tutupoly sempat menurun karena stroke yang dideriInterogasi. Ia sempat dilarikan kerumah linu dan menjalani perawatan sejak beberapa minggu yang dahulu. Namun cukup Senin (4/7) malam, kondisinya memburuk karena hemoglobinnya menurun.

“Iya sudah (dirawat) beberapa minggu  belakangan. Mau ditransfusi darah karena HB turun sekitar jam 23, tapi sudah tidak respons. Dinyatakan meninggalnya jam 00.30,” jelas Stanley.

Kondisi kebugaran terus menurun sejak beberapa acuhn terakhir

Bob Tutupoly memang sempat dirawat beberapa kali di rumah remuk karena makeliru kepulihan. Pria kelahiran Surabaya 13 November 1939 ini beberapa kali mengalami stroke ringan sejak beberapa ingatn terakhir. Bahkan ia sudah sangat jarang muncul di televisi karena kondisinya yang perlu duduk di kursi roda.

Sejak kondisi kenormalannya terus menurun, Bob Tutupoly tak luput dari perhatian rekan seleb dan figur publik lain yang menyempatkan batang tubuh untuk menjenguknya. Beberapa di antaranya adalah Tantowi Yahya dan Yuni Shara.

Bahkan, Yuni Shara sempat mengabadikan momennya bersama sang senior di Instagram pribadinya. Dalam unggahan tersebut tampak Yuni Shara merangkul Bob Tutupoly yang duduk di kursi roda dengan raut wajah yang semakin kering.

“Semangat sembuh Om Bob, yang daya ingatnya luar biasa, dan masih senang menyanyi,” tulis Yunis Shara dalam unggahannya di Instagram pada 5 Mei 2022 lantas.

Perjalanan bermusik Bob Tutupoly di industri hiburan Tanah Air

Kabar kecewa meninggalnya Bob Tutupoly tak sekadar menjadi kecewa bagi keluarga dan rekan secocok musisi saja, tapi juga masyarakat Indonesia, terutama penikmat musik legendaris. Salah satu hit yang paling lekat dengan sosok Bob Tutupoly adalah Widuri, Lidah Tak Bertulang, Tiada Maaf Bagimu, dan Tinggi Gunung Seribu Janji.

Pria berdarah Ambon ini memulai karier di dunia musik sejak 1965. Selama kariernya, Bob Tutupoly melahirkan deras album, beberapa di antaranya adalah “The Best of Bob Tutupoly”, “Nostalgia 2”, “Cinta Nostalgia”, dan “Tembang Kenangan Pop Indonesia”.

Lagu dan album-album hit tersebut mengantarkan Bob Tutupoly meraih berbagai penghargaan di dunia musik. Terakhir, ia dianugerahi AMI Legend 2015 di Anugerah Musik Indonesia Award. Sejak meraih penghargaan itu, kondisi kesegarannya sebagian kali menurun, seengat mulai jarang muncul untuk menghibur penggemarnya.

Terakhir ia muncul saat menggelar konser bertajuk “80 th Celebration Bob Tutupoly” dalam rangka perayaan ulang ingatnnya ke-80, cukup 2019 lalu. Dalam konser tersebut ia menggandeng kaum penyanyi ternama seperti Glenn Fredly, Tompi, dan Vina Panduwinata.

Sebenarnya, selain terkenal sebagai musisi senior, Bob Tutupoly juga merupakan presenter andal cukup masanya. Ia kerap membawakan berbagai daftar di industri hiburan Tanah Air. Kini karya-karya dan kiprahnya semasa hidup tinggal menjadi kenangan yang membekas, terutama bagi penikmat lagu-lagunya. Selamat jalan sang legenda, Bob Tutupoly.